Our Blog

Be intelligent with INT!

Pentingnya Komunikasi Dalam Berbisnis

pentingnya komunikasi dalam berbisnis

Komunikasi dalam berbisnis menjadi hal yang penting dalam segala hal yang menyangkut segala sesuatu yang ada dalam bisnis untuk menghindari kesalahpahaman. Pentingnya komunikasi dalam berbisnis juga didorong oleh kegiatan seperti misalnya pemasaran yang tentunya membutuhkan komunikasi yang baik mengingat hal ini akan menjadi penilaian terhadap kualitas bisnis baik itu oleh konsumen, rekan kerja, ataupun pihak investor.

Sehingga ketika suatu perusahaan membuka lowongan pekerajaan tak jarang ditemui persyaratan yang harus dimiliki oleh calon karyawan yakni mampu berkomunikasi dengan baik. Komunikasi sendiri merupakan suatu proses penyampaian dan penerimaan informasi dari seseorang ke orang lain. Sehingga ketika komunikasi dapat dilakukan dengan tepat maka tidak akan menimbulkan persepsi yang berbeda antara pemberi informasi dengan penerima informasi.

Komunikasi dalam berbisnis ini dibedakan menjadi dua macam yaitu komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal.  Komunikasi vertikal adalah preses penyampaian suatu informasi dari pihak pimpinan kepada pihak pegawai atau sebaliknya. Seperti misalnya pimpinan memberikan perintah atau petunjuk, dan pemberian laporan kinerja dari pihak  pegawai terhadap pimpinan.

Hal itu bertujuan untuk  menjaga hubungan yang baik antara pimpinan dan pegawai dan untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan pegawai agar fokus untuk merealisasikan tujuan bisnis yang dijalankan. Sedangkan komunikasi horizontal adalah cara komunikasi untuk menjamin hubungan baik antara pimpinan yang setingkat dan diwujudkan dengan mengadakan pertemuan secara berkala.

Dari kondisi tersebut maka tidak salah jika komunikasi dalam berbisnis ini penting untuk dimiliki atau diterapkan oleh semua pelaku bisnis baik itu berkedudukan sebagai pemimpin ataupun pegawai. Lalu seperti apa dampak dari pentingnya komunikasi dalam berbisnis? Mari simak uraian berikut:

 

Menghindari kesalahpahaman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa komunikasi dengan baik ini dapat menghindari kesalahpahaman atau terjadinya perbedaan persepsi. Sehingga ketika pelaku bisnis mampu berkomunikasi dengan baik hal seperti kesalahpahaman atau pun miskomunikasi menjadi hal yang tidak perlu dipersoalkan dan dapat diselesaikan secara damai. Selain itu, hal tersebut membuat lebih mudah bagi pelaku bisnis untuk meminimalisir terjadinya persoalan atau permasalahan yang tidak perlu dan akan membuat pelaku bisnis lebih fokus pada tugasnya masing-masing.

 

Membantu membangun tim bisnis

Dalam membangun sebuah tim maka diperlukan seorang leader atau pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik kepada setiap individu yang ada pada tim tersebut. Sehingga ketika pemimpin tersebut telah mampu berkomunikasi dengan baik maka dapat membawa dampak positif pada tim yang dibangun agar lebih unggul dan menghasilkan kinerja yang lebih bagus.

 

Meningkatkan proses bisnis

Dengan melakukan komunikasi pada saat menjalankan bisnis maka akan berguna untuk membahas kemajuan bisnis yang dijalankan. Hal ini juga mampu memberikan adanya solusi jika bisnis yang dijalankan menemui masalah atau pun membahas terkait rencana-rencana yang akan dilakukan untuk bisnis kedepannya. Sehingga proses bisnis yang dijalani akan lebih meningkat, dan dapat dikembangkan secara lebih efisien.

 

Meningkatkan kualitas pelayanan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa komunikasi dalam berbisnis ini bukan hanya terjadi pada pemimpin dengan pegawai atau sesama pelaku bisnis saja tetapi juga dapat terjadi antara pelaku bisnis dengan konsumen. Hal itu dikarenakan adanya sebuah interaksi seperti misalnya sewaktu melakukan pemasaran atau transaksi penjualan yang membutuhkan adanya pelayanan dari pihak pelaku bisnis terhadap konsumen. Ketika pelaku bisnis dapat dan mampu berkomunikasi atau berinteraksi dengan baik kepada konsumen maka akan membantu bisnis dalam meningkatkan pelayanan yang baik. Tentunya hal itu menjadi hal yang penting bagi bisnis mengingat ini menjadi acuan atau cara untuk menarik konsumen terkait produk yang ditawarkan.

 

Membangun suasana positif dan kondusif

Komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dapat membangun suasana positif dan kondusif dalam suatu bisnis. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa komunikasi dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Dimana kesalahpahaman ini dapat memicu suatu konflik internal bisnis yang berujung pada rasa ketidaknyamanan yang terjadi antar pelaku bisnis. Akan tetapi hal ini dapat dihindari dan diselesaikan jika ada suatu komunikasi dalam berbisnis yang baik.

 

Membangun suasana positif dan kondusif

Komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dapat membangun suasana positif dan kondusif dalam suatu bisnis. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa komunikasi dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Dimana kesalahpahaman ini dapat memicu suatu konflik internal bisnis yang berujung pada rasa ketidaknyamanan yang terjadi antar pelaku bisnis. Akan tetapi hal ini dapat dihindari dan diselesaikan jika ada suatu komunikasi dalam berbisnis yang baik.

Jika anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan untuk mengembangkan bisnis anda bersama kami. Silahkan isi contact detail kami di bawah ini. Untuk mengetahui info dan promo perusahaan kami lebih banyak lagi anda dapat like dan follow kami di facebook page INT Branding Digital, terima kasih.

 

Leave a Reply

Contact

Don't be shy, get in touch with us

Pakuwon City, Grand Island, Zimbali Costa Y6-35